Penerapan Model Contextual Teaching Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Authors

  • Yohana Putri Lestari Waruwu Universitas Sari Mutiara Author
  • Rahmad Nexandika Universitas Sari Mutiara Author
  • Chelly Nur Malihah Universitas Sari Mutiara Author
  • Novi Wulandari Universitas Majalengka Author

Keywords:

CTL, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil helajar matematika siswa melalui model Contextual Teaching and Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, yang mencakup serangkaian kegiatan terkait dengan pengumpulan data dari sumber pustaka, membaca, mencatat, dan mengelola data secara sistematis, analitis, dan kritis. Penelitian ini difokuskan pada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika di SD. Meskipun persiapannya mirip dengan penelitian lainnya, penelitian studi literatur ini menggunakan data sekunder dari jurnal, situs web, dan sumber lain yang relevan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan hasil belajar matematika. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Menerapkan model pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari dapat membantu meningkatkan minat siswa terhadap matematika salah satunya yaitu model pembelajaran kontektual (contextual theaching and learning). Berdasarkan studi literatur, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan, terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Begitu pula dari hasil penelitian kuantitatif dan kualitatif yang dilakukan, terdapat bukti bahwa penerapan CTL dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar matematika siswa secara nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Wahyudin and A. Zohriah, “Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan,” J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 3822–3835, 2023.

K. H. Primayana, I. W. Lasmawan, and P. B. Adnyana, “Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat outdoor pada siswa kelas IV,” J. Pendidik. dan Pembelajaran IPA Indones., vol. 9, no. 2, pp. 72–79, 2019.

E. S. Suyati and A. Z. Rozikin, “Belajar & Pembelajaran.” Widina Bhakti Persada Bandung, 2021.

I. Magdalena, S. Fauziah, P. W. Sari, and N. Berliana, “Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru,” NUSANTARA, vol. 2, no. 2, pp. 283–295, 2020.

A. Irawan, “Kreativitas guru dalam memotivasi belajar peserta didik,” SKULA J. Pendidik. Profesi Guru Madrasah, vol. 2, no. 2, pp. 199–210, 2022.

T. SINURAYA, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make a Match Pada Mata Pelajaran Bupena IPA Tema 5 Subtema 3 Sifat Cahaya dan Periskop Di Kelas lV SD Negeri 043934 Simpang Singa Tahun Ajaran 2022/2023.” UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI, 2023.

M. S. Harahap, R. Siregar, and S. Sabri, “KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS V SDN 0215 PASAR BINANGA,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 03, pp. 582–589, 2023.

S. Ruqoyyah, S. Murni, and L. Linda, Kemampuan pemahaman konsep dan resiliensi matematika dengan VBA microsoft excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie, 2020.

E. R. Adawiah and S. Qomariyah, “Peran Role Playing Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII Di SMPN 1 Sagaranten,” SOKO GURU J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 144–162, 2023.

N. Nurusiah, I. Idawati, and J. Arifin, “Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Menggunakan Media Pop Up Book terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Kota Makassar,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Indones., vol. 4, no. 2, pp. 806–819, 2024.

F. Fitrah, S. Alfathon, and G. Gusmaneli, “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Implementasi Strategi Kontekstual,” J. Pendidik. DAN ILMU Sos., vol. 2, no. 3, pp. 16–30, 2024.

A. Apiyani, Y. Supriani, S. Kuswandi, and O. Arifudin, “Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian,” JIIP-Jurnal Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 499–504, 2022.

H. Kurniawan et al., TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH: Cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

U. Umaya, M. A. Budiman, and Y. S. Wardhana, “Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi FPB Melalui Media Sandal FPB dalam Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV Pembelajaran Secara Daring,” in Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 2020.

H. Arief and S. Saman, “Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan contextual teaching and learning (CTL),” Pedagog. J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 80–89, 2021.

O. M. Hendri and M. Muhammadi, “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik MenggunakanPendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN 26 Air Tawar Timur Padang,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 2, pp. 18194–18200, 2023.

F. Y. Muchtar, F. A. Nurdin, K. Kasmawati, N. Nurwahyuningsih, and M. Yamin, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL),” J. Educ., vol. 5, no. 4, pp. 14615–14624, 2023.

R. R. P. Lilihari, P. Rachmadyanti, and E. D. Sanita, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Contextual And Learning (CTL) Siswa Kelas IV SDN Sidokerto,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 4785–4793, 2023.

G. L. Khairani and A. Suriani, “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Mengunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 14 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 20602–20607, 2023.

I. Ishyang and A. Kadir, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD INPRES 12/79 CELLU 1,” J. Cakrawala Ilm., vol. 3, no. 8, pp. 2361–2370, 2024.

A. Kusmayanti, “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar,” COLLASE (Creative Learn. Students Elem. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 52–57, 2020.

A. P. N. Indah, I. Nuraeni, N. S. Azima, S. Novitasari, and K. Komariah, “Penerapan Model CTL untuk Melatih Aktivitas dan Hasil Belajar Bangun Ruang di SD Kelas I,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 2, pp. 5440–5446, 2023.

Y. A. K. Ningtyas and D. A. Diartono, “Studi Perbandingan Metode SAW dan Metode AHP dalam Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Kelayakan Calon Penerima Bantuan Progam Keluarga Harapan,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 8, no. 3, pp. 587–596, 2024.

Published

2024-10-07

How to Cite

Penerapan Model Contextual Teaching Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. (2024). JAMUDI : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1), 8-12. https://journal.penus.or.id/index.php/jamudi/article/view/5