Studi Literatur Tentang Pengaruh Model Means Ends Analysis Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SD
Keywords:
Means Ends Analysis, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran means ends analysis terhadap hasil belajar matematika. Dimana jenis penelitian ini adalah studi literatur, yaitu mengkaji buku, jurnal dan referensi referensi lainnya untuk melihat sejauh mana pengaruh model pembelajaran means ends analysis terhadap hasil belajar matematika. Adapun hasil berdasarkan kajian ataupun analisa- analisis yang sudah diperoleh dari artikel-artikel yang telah dikaji, bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran means ends analysis terhadap hasil belajar matematika.
Downloads
References
A. T. Daga, “Kebijakan pengembangan kurikulum di sekolah dasar (sebuah tinjauan kurikulum 2006 hingga kebijakan merdeka belajar),” J. Edukasi Sumba, vol. 4, no. 2, pp. 103–110, 2020.
J. I. M. Wijaya, How to Teach Arabic? Metode, Strategi, Evaluasi, Model, dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab. Guepedia, 2020.
A. Mustadi, M. Habibi, and P. A. Iskandar, Filosofi, teori, dan konsep bahasa dan sastra Indonesia sekolah dasar. Uny Press, 2021.
E. Herlina et al., Strategi Pembelajaran. Tohar Media, 2022.
H. B. Uno and N. Mohamad, Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara, 2022.
S. W. Sudarman and N. Linuhung, “Penerapan pembelajaran MEA (Means-End Analysis) berbantuan schoology untuk meningkatkan hasil belajar matematika,” J. Deriv. J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, pp. 32–40, 2021.
R. K. B. Sembiring, F. M. A. Simorangkir, and D. Anzelina, Model pembelajaran kooperatif TTW (think talk write) untuk meningkatkan komunikasi matematik dan sikap positif siswa. Jakad Media Publishing, 2019.
S. Mariam, N. Nurmala, D. Nurdianti, N. Rustyani, A. Desi, and W. Hidayat, “Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mtsn dengan menggunakan metode open ended di Bandung Barat,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 178–186, 2019.
U. Azizah, A. Mutaqin, and I. Rafianti, “Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Pembuktian Matematis Dan Self-Efficacy Siswa,” Tirtamath J. Penelit. dan Pengajaran Mat., pp. 15–29, 2020.
A. Apiyani, Y. Supriani, S. Kuswandi, and O. Arifudin, “Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian,” JIIP-Jurnal Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 499–504, 2022.
A. T. Reni, W. S. Wicaksono, D. J. Wijaya, and F. Hermawan, “Game Solvable By Backward Reasoning,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 5, no. 2, pp. 3022–3029, 2023.
Arrahim and Rafida Kasim, “PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) DI KELAS V SD NEGERI DUREN JAYA I BEKASI Arrahim,” Pedagog. Vol. VII, No. 2, Semptember 2019, pp. 48–60, 2019.
M. R. Mulasari, I. G. A. A. Wulandari, and M. Putra, “Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 3, pp. 358–366, 2020.
& N. A. Latri, Siti Raihan, “Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analisis (MEA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika,” JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, p. 127, 2019, doi: 10.30998/jkpm.v5i1.5172.
S. I. Maya Al Fattah P, Siti Kamsiyati, “PENERAPAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR Maya Al Fattah Putriyani 1) , Siti Kamsiyati 2) , Siti Istiyati 3),” Didakt. Dwija Indria, 2017.
S. K. A. S. M Jannati, “Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Materi FPB dan KPK pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 2, pp. 100–105, 2020.
N. P. A. Kusumayanti, N. Dantes, and I. N. Arcana, “Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan Setting Belajar Kelompok Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Desa Bebetin,” e-Journal Mimb. PGSD Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 2, no. 1, p. 2, 2014.
N. Armada, I. M. Tegeh, and I. W. Sudiana, “Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Sukasada,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 1, no. 3, pp. 1–6, 2022.
Hevitria, Yuanita, and A. Arsisari, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Means Ends Analysis (Mea) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis,” Cendekiawan, vol. 3, no. 2, pp. 116–123, 2021, doi: 10.35438/cendekiawan.v3i2.228.
N. Silvia, F. Firman, and D. Desyandri, “Model Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV SDI Al-Azhar 32 Padang,” MENDIDIK J. Kaji. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, no. 1, pp. 77–80, 2021, doi: 10.30653/003.202171.164.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Feni Fantikasari, Lisa Pratiwi, Titian Maria, Jelita Vita Gunawan (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.