Workshop Digital Marketing bersama Gekrafs Kabupaten Asahan Untuk Pelaku Ekonomi Kreatif

Authors

  • Abdul Karim Syahputra Universitas Royal Author
  • Wan Mariatul Kifti Universitas Royal Author
  • Nurwati Universitas Royal Author
  • Muhammad Rizki Ananda Universitas Royal Author
  • Agung Rizqi Nugraha Universitas Royal Author

Keywords:

Digital marketing, Ekonomi kreatif, Media sosial

Abstract

Ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun, pelaku ekonomi kreatif seringkali menghadapi tantangan dalam memasarkan produk atau jasa mereka, terutama di era digital saat ini. Oleh karena itu, penguasaan digital marketing menjadi keterampilan yang sangat penting bagi pelaku ekonomi kreatif agar dapat bersaing dan mengembangkan bisnis mereka. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku ekonomi kreatif dalam memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar. Workshop ini akan mencakup berbagai topik, antara lain; Pengenalan konsep digital marketing dan manfaatnya bagi pelaku ekonomi kreatif, Pengenalan tentang ekonomi kreatif dan Pemanfaatan media sosial untuk pemasaran. Metode yang digunakan dalam workshop ini adalah kombinasi antara ceramah, diskusi, studi kasus, dan praktik langsung. Peserta akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan peserta lainnya, serta mendapatkan bimbingan dari fasilitator yang ahli di bidang digital marketing. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman dan keterampilan pelaku ekonomi kreatif dalam memanfaatkan digital marketing untuk mengembangkan bisnis mereka serta dapat memperluas jaringan dan kolaborasi antar pelaku ekonomi kreatif, sehingga dapat menciptakan ekosistem ekonomi kreatif yang lebih kuat dan berdaya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. R. Firdaus, A. D. Vynatria, S. L. Husna, M. F. N. Alfareza, and A. A. Hidayah, “Ekonomi Kreatif Sebagai Lokomotif Baru Perekonomian Indonesia Menuju Indonesia Yang Maju,” MANABIS J. Manaj. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 44–52, 2024, doi: 10.54259/manabis.v3i2.2518.

A. D. A. Syafitri and F. L. Nisa, “Perkembangan serta Peran Ekonomi Kreatif di Indonesia dari Masa ke Masa,” J. Ekon. Bisnis Dan Manaj., vol. 2, no. 3, pp. 189–198, 2024, doi: 10.59024/jise.v2i3.810.

E. Aldayana, S. Sudirman, S. Rahayu, C. Budiman, E. W. Satria, and A. Fitriza, “Ekonomi Kreatif Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal Menjadi Produk Bernilai Tinggi,” J. Pengemb. Masy. Lokal, vol. 7, no. 1, pp. 226–230, 2024, doi: 10.58406/jpml.v7i1.1613.

N. Siregar, “TANTANGAN DAN PELUANG EKONOMI KREATIF STUDI KASUS KAMPUNG KAOS MADINA,” J. Ekon. Syariah, vol. 5, no. 2, pp. 1–11, 2024.

H. Sumarsono, N. M. Mazenda, N. H. Asri, and ..., “Pelatihan dan pendampingan penggunaan E-Commerce dalam memperbaiki ekosistem perekonomian pelaku usaha (Desa Gunungrejo),” … Ekon. Bisnis dan …, vol. 1, no. 11, pp. 1032–1039, 2021, doi: 10.17977/um066v1i112021p1032-1039.

A. K. Syahputra, R. Fauziah, A. Ramadhani, and S. N. Intan, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Pt. Panca Niaga Mandiri Ii Sei Piring,” J. Pemberdaya. Sos. dan Teknol. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 119–124, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM

P. Az-Zahra and A. Sukmalengkawati, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 6, no. 3, pp. 2008–2018, 2022, doi: 10.31955/mea.v6i3.2573.

J. Jasri, N. Arfan, H. Hasanuddin, and H. Ali Hasan, “Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” ILTIZAM J. Shariah Econ. Res., vol. 6, no. 2, pp. 212–224, 2022, doi: 10.30631/iltizam.v6i2.1452.

R. Adi Sofyan and A. Arfian, “Analisis Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Dan Promosi Dengan Menggunakan Metode Topsis,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 10, no. 1, pp. 56–62, 2023, doi: 10.30656/prosisko.v10i1.5577.

A. Damayanti, I. D. Delima, and A. Suseno, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang),” J. PIKMA Publ. Ilmu Komun. Media Dan Cine., vol. 6, no. 1, pp. 173–190, 2023, doi: 10.24076/pikma.v6i1.1308.

I. Putri, Dendi, N. Syukerti, A. I. Mulyadi, and I. Maulana, “Media Sosial Sebagai Media Pergeseran Interaksi Sosial Remaja,” J. Ilmu Komun. Balayudha, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.uss.ac.id/index.php/jikoba/article/view/422

F. Yusuf, H. Rahman, S. Rahmi, and A. Lismayani, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera,” JHP2M J. Hasil-Hasil Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 2, pp. 1–8, 2023.

Published

2025-01-31