Pelatihan Pemanfaatan IOT Sebagai Peningkatan Pengetahuan Teknologi Industri 4.0 Bagi Siswa/I SMK Sederajat

Authors

  • Adi Mas Afandi Universitas Royal Author
  • Hari Jalsa Marpaung Universitas Royal Author

Keywords:

Internet of Things (IoT), Pelatihan, Industri 4.0, SMK, Teknologi Digital

Abstract

Industri 4.0 merupakan era di mana teknologi digital dan otomatisasi semakin berkembang, menciptakan tantangan baru bagi tenaga kerja masa depan, termasuk lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu teknologi utama dalam era ini adalah Internet of Things (IoT), yang memungkinkan berbagai perangkat untuk saling terhubung dan berkomunikasi guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Namun, pemahaman mengenai IoT di kalangan siswa SMK masih tergolong rendah, sehingga diperlukan program pelatihan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam memanfaatkan teknologi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan program pelatihan pemanfaatan IoT bagi siswa SMK sederajat sebagai upaya peningkatan pengetahuan mereka tentang teknologi Industri 4.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan model pelatihan berbasis praktik langsung (hands-on learning). Pelatihan ini mencakup materi dasar tentang IoT, komponen utama IoT (sensor, aktuator, dan platform komunikasi), serta penerapan IoT dalam industri. Selain itu, pelatihan ini juga dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai integrasi IoT dalam sistem produksi cerdas (smart manufacturing), smart home, serta aplikasi IoT lainnya dalam dunia industri. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berbasis praktik langsung ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep IoT dan aplikasinya dalam dunia industri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Ramadani, “Potensi Internet of Things ( IoT ) sebagai Sumber Official Statistics Bidang Pertanian,” pp. 161–166.

B. Sudrajat, F. Romadoni, and H. H. Asymar, “Pelatihan Penerapan IoT Untuk Peningkatan Pengetahuan Teknologi Bagi Kader Kelurahan Sukasari Tangerang,” vol. 2, no. 1, pp. 107–113, 2022.

S. Ma, E. K. Pramartaningthyas, M. Hariyadi, and N. Afiyat, “Pelatihan pemanfaatan teknologi IoT ( Internet of Things ) pada kendali lampu cerdas untuk meningkatkan aspek kompetensi siswa di SMK Miftahul Ulum desa Melirang,” vol. 8, pp. 1944–1950, 2024.

M. Kom, F. Ekonomi, I. Uin, and S. Utara, “Nabillah Purba,” vol. 9, no. 2, pp. 91–98, 2021.

E. Budihartono, P. P. Nugraha, and S. D. Kurniawan, “PENINGKATAN SOFTSKILL SISWA MELALUI IMPLEMENTASI IoT,” vol. 5, no. 5, pp. 2259–2265, 2021.

A. Desy, N. Utomo, A. Zafia, B. P. Zen, D. Fanny, and H. Permadi, “Implementasi Internet of Things ( IoT ) pada SMK AL Hikmah 2 dalam,” vol. 3, no. 2, pp. 49–57, 2023, doi: 10.20895/ijcosin.v3i2.1160.

I. Telaah, K. Aspek, and D. A. N. Arah, “Industri 4.0: telaah klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset,” vol. 13, no. 1, pp. 17–26, 2018.

J. Konseling, P. Islam, and Z. Mufid, “IMPLEMENTASI PENGGUNAAN INTERNET OF THINGS ( IoT ) DI DUNIA PENDIDIKAN SELAMA MASA PENDEMI COVID-19,” vol. 3, no. 2, pp. 439–446, 2022.

R. Fauzi and I. Setiawan, “Membangun Sistem IoT Sederhana Pengendalian LED menggunakan Arduino Nodemcu ESP8266 di SMK Media Informatika,” vol. 2, no. 1, pp. 36–41, 2024.

W. Najib and S. Sulistyo, “Tinjauan Ancaman dan Solusi Keamanan pada Teknologi Internet of Things ( Review on Security Threat and Solution of Internet of Things Technology ),” vol. 9, no. 4, 2020.

T. D. A. N. Penerapannya, “No Title,” vol. 06, no. 3.

G. H. Sandi, Y. Fatma, and F. I. Kompuer, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS ( IOT ) PADA BIDANG PERTANIAN,” vol. 7, no. 1, pp. 1–5, 2023.

Published

2025-01-31