Workshop Pemanfaatan ChatGPT dan AI Tools Sebagai Pendukung Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Sahren Sahren Universitas Royal Author
  • Deri Permana Universitas Royal Author
  • Julia Rama Sinta Universitas Royal Author
  • Azrian Khairul Kahfi Lubis Universitas Royal Author

Keywords:

AI, ChatGPT, Guru, Inovasi Pengajaran, PKM

Abstract

Ketika kecerdasan buatan (AI) masuk ke dunia pendidikan, terutama dalam hal meningkatkan efektivitas pembelajaran, itu membuka banyak peluang baru. Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan guru UPT SD Negeri 04 Sei Muka dengan kemampuan untuk menggunakan ChatGPT dan AI Tools sebagai inovasi dalam pengajaran. Sesi pengenalan AI, eksplorasi alat berbasis AI, dan praktik langsung dilakukan selama workshop. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru dan keterampilan mereka yakni 85% peserta mengalami peningkatan pemahaman tentang AI dan 78% guru menjadi lebih percaya diri dalam menggunakannya. AI juga terbukti meningkatkan kreativitas dalam mengajar dan mendukung pembelajaran personalisasi. Akan tetapi masih ada masalah seperti infrastruktur yang terbatas dan kebutuhan untuk pelatihan lanjutan. Untuk penggunaan AI yang optimal, diperlukan dukungan secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. A. Tahir and S. Syawal, “Pengenalan Aplikasi Artificial Intelligence Dalam Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Dan Implementasinya Bagi Guru …,” J. Pengabdi. Masy. …, vol. 2, pp. 37–40, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.abdimas.unipol.ac.id/index.php/pengabdian-jurnal/article/view/42%0Ahttps://jurnal.abdimas.unipol.ac.id/index.php/pengabdian-jurnal/article/download/42/36

F. Hayati, “Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur,” vol. 5, pp. 1809–1815, 2021.

U. F. Handayani and T. Septia, “Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran untuk Guru SD / MI di Kalipare”.

Gandha Sunaryo Putra, Iin Maulina, Ufi Ruhama, Selviana, and Linda Suwarni, “PKM Penerapan Inovasi Pembelajaran di Paud Pati Gumentar,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 4, no. 2, pp. 175–179, 2020, doi: 10.37859/jpumri.v4i2.2097.

S. Nasional, H. Pengabdian, K. P. Mandar, S. M. M, and I. Israwati, “PKM Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran ChatGPT Berbasis Artificial Intelegence pada Guru MI DDI Madatte,” no. September, pp. 1–8, 2024.

S. Purnomo and F. E. Nastiti, “Penguatan Pedagogik: Pemanfaatan Artificial Intelligence Pengembangan Buku Ajar Model Pkm Educational Action Research,” … J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 3, pp. 772–778, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/article/view/46927

I. Setiawan and N. Martin, “Pendampingan Komunitas Belajar (Kombel) pada program sekolah penggerak tingkat SMA di Kabupaten Bima,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 8, no. 2, pp. 1091–1004, 2024.

C. Nisa, F. P. Rahmawati, H. U. Kaltsum, and M. T. Hidayat, “Penguatan kompetensi Guru SD melalui integrasi teknologi AR dan AI dalam pembelajaran,” Penamas J. Community Serv., vol. 4, no. 1, pp. 148–157, 2024, doi: 10.53088/penamas.v4i1.925.

A. Hidayat, S. Sudarmaji, D. Irawan, and ..., “Penggunaan Chatgpt & Duo PENGGUNAAN CHATGPT & DUO LINGO UNTUK MENCIPTAKAN PENGALAMAN BELAJAR KEISLAMAN YANG MENARIK BAGI ANAK ANAK PANTI ASUHAN BUDI UTOMO KOTA METRO,” Sinar Sang Surya (Jurnal Pus. Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 7, no. 2, pp. 174–181, 2023, [Online]. Available: http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/sinarsangsurya/article/view/2775%0Ahttp://ojs.ummetro.ac.id/index.php/sinarsangsurya/article/download/2775/1598

Muyassaroh, “PENDAMPINGAN PENERAPAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASIS AI UNTUK GURU BAHASA,” J. Inov. dan Kreat. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, 2024.

S. Seruni, F. Mulyatna, and A. Nurrahmah, “Pkm Inovasi Pembelajaran Matematika Sd/Mi Melalui Permainan Ular Tangga,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 3, no. 1, p. 75, 2019, doi: 10.31764/jpmb.v3i1.1128.

S. Raihan, “Pelatihan Pembelajaran Inovatif Pada Kurikulum Merdeka Untuk Guru Sekolah Dasar Di Bontomarinra,” Arch. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 338–348, 2024, doi: 10.55506/arch.v3i2.113.

D. Desrinelti, N. Neviyarni, and I. Murni, “Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa,” JRTI (Jurnal Ris. Tindakan Indones., vol. 6, no. 1, p. 105, 2021, doi: 10.29210/3003910000.

D. S. Sadewo, “Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak dalam Mengerjakan Perkerjaan Rumah,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 59–66, 2021.

Published

2025-01-31